Peringatan Hari Sumpah Pemuda: Perlunya Pendidikan Moral untuk Kemajuan Agama & Bangsa

Peringatan Hari Sumpah Pemuda: Perlunya Pendidikan Moral untuk Kemajuan Agama & Bangsa

"Sumpah Pemuda"


Mendengar dua komponen kata dengan sejarah panjang ini, seperti mengembalikan api yang telah lama padam pada jiwa setiap pemuda. Tentu, hal ini sangat penting untuk selalu dikenang pada setiap tahunnya. Tak lupa juga untuk terus menstransfer nilai-nilai dan makna perjuangan dan persatuan yang terkandung didalamnya. Dalam buku Makna Sumpah Pemuda karangan Sri Sudarmiyatun S.Pd., bahwa makna sumpah pemuda adalah untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu. Dengan sumpah pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat.



Beberapa nilai positif yang kuat dikaitkan yaitu nilai perjuangan, persatuan dan kesatuan. Karena sumpah pemuda merupakan sebuah nilai yang merupakan sebuah identitas bangsa berbangsa dan negara bernegara indonesia. 


Nilai ini tentu adalah sebuah nilai dasar dan spirit dasar pendirian negara Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika. Untuk mencapai nilai tersebut, sumpah pemuda sudah memberikan penjelasan secara tersirat sehingga peringatan Hari Sumpah Pemuda bukan saja tentang hari ikrar pemuda namun terdapat spirit kemanusiaan dan tujuan bangsa Indonesia yaitu kesatuan dan persatuan. 


Maka siapa yang akan mendobrak bangsa ini menuju kemajuan sudah jelas bahwa ini adalah peran kesinambungan antara para golongan tua dan muda. Golongan tua menyiapkan pendidikan yang bermoral dan kaderisasi kepada pemuda. Pemuda menimba ilmu dan moral dari golongan tua. Sungguh indah persatuan ini. Dengan adanya kesinambungan tersebut maka akan terciptalah jiwa-jiwa muda yang bermoral dan bernasionalisme tinggi. 


Pendidikan yang seperti apa yang dibutuhkan para pemuda ini, tentu pendidikan moral yang ramah dan sistem kaderisasi yang cepat. Kita dapat menemukan sistem pendidikan seperti ini pada masa ini melalui pendidikan pondok pesantren.


Sekarang peran pemuda pemudi dalam pesan moral yang dititipkan pada ikrar sumpah pemuda yaitu mempersatukan serta memperjuangkan bangsa pada dasar Bhinneka Tunggal Ika. Melihat hal ini sangat besar tugas para pemuda khususnya para pelajar.



Maka hal yang seperti ini terus diupayakan melalui kaderisasi yang cepat dan pendidikan moral tersebut.


Mari menjadi pemuda yang berani berkarya dan berbicara dengan ilmu, memperkuat bangsa dan negara dengan bersatu. 


Kami Pemuda Kami Indonesia



Penulis: L. Rahul Apriliawan (Presma Ma'had Aly Thohir Yasin)