Ingin Datangkan Menteri BUMN, Sekda Lombok Timur sebut Thohir Yasin Pondok yang Maju

Ingin Datangkan Menteri BUMN, Sekda Lombok Timur sebut Thohir Yasin Pondok yang Maju

Jumat, 5 Februari 2021, Sekretaris Daerah (Sekda) H. M Juaini Taupik dengan beberapa jajaran pemerintah kabupaten Lombok Timur berkunjung ke Pondok Pesantren Thohir Yasin. Acara tersebut dalam rangka silaturrahmi ke pimpinan pondok pesantern Thohir Yasin, TGH. Ismail Thohir. Hadir juga dalam acara tersebut Kapolres Lombok Timur, Kapolsek Masbagik, BABINSA, dan Polmas Desa Lendang Nangka. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar 2 jam.


Pada kesempatan itu ada beberapa hal yang dibicarakan, diantaranya tentang persiapan acara perayaan hari ulang tahun pondok pesantren Thohir Yasin yang dikenal dengan Dzikrol Hauliyah. Selain itu proyeksi pendidikan pondok pesantren di dunia kepolisian juga menjadi bahasan menarik pada saat itu. Menurut kapolres, dirinya menjamin santri yang hafal al-Quran jika memenuhi syarat fisik sesuai aturan kemungkinan besar akan diterima secara langsung menjadi polisi.


Pertemuan berlangsung khidmat dengan pembicaraan santai dan akrab. Mengemuka juga pada pertemuan tersebut adalah tentang prestasi pondok pesantren Thohir Yasin yang berhasil menjadi pemenang pertama pada ajang Festival Ekonomi Syariah tahun lalu. Karena prestasi tersebut Sekda berencana akan mengundang menteri BUMN, Erick Thohir untuk mendatangkanya ke pondok pesantren Thohir Yasin guna memperkenalkan pondok tersebut sebagai salah satu pondok pesantren percontohan dalam pengembangan ekonomi ummat. Ini juga mengisayaratkan bahwa pondok pesantren Thohir Yasin adalah pondok yang maju.


Sebelumnya, Pondok Pesantren Thohir Yasin menjadi juara pertama pada ajang bergengsi tingkat nasional yang diadakan oleh Bank Indonesia yakni Festival Ekonomi Syariah 2020. Thohir Yasin menjadi pondok pesantren terbaik Indonesia Timur dengan memenuhi beberapa kriteria penilaian diantaranya kemandirian ekonomi, keberlangsungan dan kemapanan finansial, serta digitalisasi pesantren. Beberapa poin tersebut telah mapan berjalan di pondok tersebut.


Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Thohir Yasin, Ahmad Patoni menyebut bahwa Thohir Yasin telah lama meproyeksikan tentang kemandirian ekonomi ini, melalui sistem holding, dirinya dan beberapa orang mulai menggagas berbagai inovasi untuk memantapkan dan mematangkan kemandirian ekonomi di pondok pesantren tersebut. Hingga saat ini Pondok Pesantren Thohir Yasin telah eksis menjalankan beberapa roda usaha untuk menopang kemandirian tersebut, seperti Budidaya magot, ikan koi, lele, dan yang masih sedang proses pendirian kandang ayam petelur. Semua ini dalam rangka mewujudkan pesantren yang mandiri dan maju.