Tidak Ingin Kalah dengan Ponpes Lain, YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat Studi Tiru Ke PPSM Thohir Yasin

Tidak Ingin Kalah dengan Ponpes Lain, YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat Studi Tiru Ke PPSM Thohir Yasin

Sabtu (06/01) dilaksanakan kunjungan dari YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat ke Pondok Pesantren Thohir Yasin, khususnya agenda studi tiru ke bagian keasramaan sesuai dengan tema yang diangkat “Managemen Struktur Keasrramaan”. Kehadiran para pengurus YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat ini disambut hangat oleh pihak Pondok Pesantren Thohir Yasin. Hadir dalam penyambutan acara ini Ketua Umum Yayasan TGM. H. Munawir Ismail, M.Hum, Kepala Kesantrian PPSM Thohir Yasin H. Syamsul S.Th.I, jajaran kesantrian disetiap lembaga pesantren beserta para musyrif & musyrifah asrama PPSM Thohir Yasin.


Memilih Pondok Pesantren Thohir Yasin untuk dikunjungi dalam kegiatan studi tiru pesantren, sebagai bukti bahwa eksistensi Pondok Pesanren Thohir Yasin telah dikenal di seluruh Indonesia. Pihak YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat pun menyampaiakan bahwa ingin banyak belajar dari Pondok Pesantren Thohir Yasin hingga mampu berada dititik saat ini, terkhusus bagian managemen keasramaan. “Kami datang kesini ingin banyak belajar dari PPSM Thohir Yasin. Sambutan dari keluarga besar PPSM Thohir Yasin sungguh diluar ekspektasi kami. Sungguh penyambutan yang luar biasa dari Thohir Yasin. Dari awal kami sudah langsung mendapatkan ilmu bagaimana seharusnya menjamu tamu dengan sambutan yang sangat luar biasa.” Ungkap TGH. Wira Jaya, Lc., M.Sos., selaku ketua asrama YPP Mukhtarul Amin.


Kunjungan para pengurus YPP Mukhtarul Amin ke Pondok Pesantren Thohir Yasin tentu sebagai upaya untuk mengambil banyak cerita, pelajaran serta pengalaman Thohir Yasin yang mampu berdiri dan eksis hingga di usia ke-34. “eksistensinya Thohir Yasin saat ini, tidak lain sebagai bukti dari do’a dan ikhtiar almukarram. Bagaimana beliau tetap memantau kami pagi, siang dan malam, termask mengevaluasi kerja kami di pesantren” pesan TGM. H. Munawir Ismail, Lc., M.Hum dalam sambutannya.

 

Diacara inti, langsung dipaparkan oleh Kepala Kesantrian PPSM Thohir Yasin bagaimana managemen strktr keasramaan PPSM Thohir Yasin. Presentasi terkait managemen keasramaan tersebut dipaparkan secara jelas dan rinci mulai dari struktur yayasan hingga permasalahan yang ada di asrama dan solusi yang diberikan untuk masalah-masalah yang ada. “pesan Bapak pimpinan kepada kami tidak lain adalah yang penting jalankan dul keputusan bersama, apapun kata orang kita jalankan terlebih dahlu. Pun kalau ada kesalahan didalamnya, kita akan evalasi bersama” ungkap H. Syamsul Hadi saat mempresentasikan materi yang disampaikan. Sesuai dengan permintaan dari pihak YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat, maka kegiatan diskusi meliputi beberapa poin diantaranya: Bagaimana Thohir Yasin bisa berdiri dan mengelola asrama hingga saat ini, managemen keasramaan yang diterapkan, potensi pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren, serta poin-poin yang menjadi daya tarik Thohir Yasin hingga berada di titik kesuksesan saat ini.


Agenda studi Tiru ini ditutup dengan jamuan makan siang dan foto bersama pihak YPP Mukhtarul Amin bersama pihak PPSM Thohir Yasin. Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, memberikan kebermanfaatan untuk semua pihak dalam berbagi dan mendapatkan ilmu untuk kemajuan pendidikan khususnya di Pondok Pesantren Thohir Yasin dan YPP Mukhtarul Amin serta seluruh lembaga pendidikan di Indonesia pada umumnya.


Terimakasih atas kunjungan dari YPP Mukhtarul Amin NWDI Rensing Bat.


Ria